Powered by Blogger.

Tutorial Membuat Postingan Yang Baik dan Benar di Blogspot

Tutorial Membuat Postingan di Blogspot - Gara - gara kemeriahan malam tahun baru, IB sampai terbuai dan manded selama seminggu dan itu berdampak pada postingan yang sudah dijadwalkan terbit dua kali seminggu tidak lagi diterbitkan, dan saya mohon maaf kepada para pembaca IB yang menunggu kedatangan postingan baru ini. Olehnya itu untuk mengawali tahun baru ini, saya ingin membuat postingan dasar untuk para pemula yang baru saja mengenal dunia blogging, yaitu Cara membuat Postingan di Blogspot .

Jika Anda belum memiliki akun google silahkan baca artikel  Tutorial Membuat Akun Google Untuk Pemula 

Dan bila Anda telah memiliki akun google namun belum memiliki blog dan ingin membuatnya, silahkan baca artike Cara Membuat Blog di Blogspot

Postingan ini memang sangat mudah jika yang membacanya adalah para blogger yang sudah intermidiate atau advance, namun bagaiman bila yang membacanya adalah para pemula yang masi awam dengan dunia blogging khususnya blogspot? Tentu itu sangat sulit bagi mereka untuk dilakukan. Namun jangan khawatir, postingan ini saya tulis menggunakan gambar yang akan menjadikan bacaan Anda menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Baik, tanpa basa basi lagi kita langsung saja ke inti postingan ;

Cara Membuat Postingan di Blogspot

  1. Masuk ke Akun Blogger Anda atau klik http://blogger.com
  2.  Setelah masuk Anda akan melihat halaman seperti ini ;
    Membuat postingan baru
    Halaman awal blogger
    Klil pada menu yang gambarnya seperti pena itu.
  3. Akan muncul tampilan seperti ini ;
    Halaman Postingan blogspot
    Halaman Postingan
  4. Mulailah Anda menulis postingan Anda pada halaman postingan tersebut.
Penjelasan Tentang Menu - Menu Yang Ada Dalam Halaman Postingan

 Sebelum Anda menulis postingan Anda, sebaiknya lebih dulu Anda baca penjelasan mengenai Menu - menu penting yang ada dalam Halaman postingan blogspot berikut ini :

Menu setelan Entri
Menu setelan Entri



  1. Label : Pada menu ini, Anda dapat memisahkan atau mengumpulkan artikel dalam sebuah kategori tertentu, misalnya : Label Android, blogging, komputer, Tutorial blogging dasar, dan lain sebagainya, tergantung dari temah blog Anda, misalnya di sini temah blog Anda adalah tentang masakan, maka Labelnya Anda dapat menulis ; Ikan Bakar, Nasir Goreng, dan lain-lain. Dalam penulisan "Label" jika ada sebuah artikel yang memiliki label yang banyak, Anda harus memisahkan antara label satu dengan yang lainnya menggunakan koma (,), misalnya ada dua label ; Android dan Tips dan trik maka penulisannya harus seperti ini ; Android, Tips dan trik. Anda dapat melihat gambar di bawah ini :
    Menu Label
    Menu Label
    Jika label nya sudah ditulis klik 'Selesai'.
  2. Jadwal : Pada menu ini Anda dapat menjadwalkan penerbitan postingan Anda, entah itu dua hari kemudian, satu minggu kemudian bahkan satu bulan kemudian.
    Menu Jadwal
    Menu Jadwal
    Jika Anda ingin menerbitkan artikel Anda pada hari dan detik itu juga, tidak perlu mengubah jadwal, biarkan otomatis seperti pada gambar di atas, namun jika Anda tidak ingin menerbitkan artikel tersebut hari ini juga Anda dapat mengubahnya dengan meng-klik "Setel tanggal dan waktu" pada menu label, dan tampilannya akan seperti ini :
    Tampilan tanggal dan waktu pada jadwal
    Tingal Anda tetapkan kapan artikel Anda akan diterbitkan.

    3. Link : Anda dapat menentukan tautan permanen khusus yang nantinya muncul pada "address bar". 

    Contohnya : Tautan / link postingan ini adalah ; http://indoblogging1.blogspot.co.id/2016/01/tutorial-membuat-postingan-yang-baik.html. dapat dirubah seperti ini : http://indoblogging1.blogspot.co.id/2016/01/Cara-membuat-postingan-yang-baik-dan-benar.html. itu semua tergantunga dari Anda.

    4. Lokasi : Anda dapat menentukan lokasi postingan Anda diterbitkan.

    5.Deskripsi Penelusuran : Menu ini dapat Anda gunakan untuk mendeskripsikan artikel Anda di "search angine". 

    Dengan memberikan deskripsi pada artikel anda akan terlihat lebih menarik dan akan menarik perhatian para pembaca ketika melihat deskripsi artikel yang anda tulis.

    Contohnya seperti ini : 
    Deskripsi penelusuran


    Tidak perlu panjang, cukup kata yang dapat menerangkan isi dari artikel anda, panjang kata minimal 150 karakter.

    6. Pilihan : pada menu ini Anda dapat menyetel perizinan seperti : Izinkan komentar, mode tulis dan baris baru. 
    Pilihan

    • Komentar pembaca : apakah artikel anda dapat ditambahkan komentar oleh pembaca atau tidak. Tinggal Anda setel.
    • Mode tulis : Apakah ketika mereka menulis sebuah kode HTML misalnya http://indoblogging1.blogspot.co.id ditafsirkan sebagai kode html atau hanya tulisan biasa (link mati) yang tidak dikunjungi.
    • Baris baru : Cara membuat baris baru apakah dengan menggunakan kode '<br> atau hanya dengan menggunakan tombol 'Enter'.
    setelah semua sudah disetel klik selesai.
    7. Tag Robot Khusus : ini merupakan menu untuk menyetel apakah artikel Anda dapat diindex oleh mesin pencari atau tidak.



    Baik, itulah tadi artikel mengenai Tutorial Membuat Postingan Yang Baik dan Benar di Blogspot jika ada tanggapan dan pertanyaan silahkan tulis pada form  kometar, karena saya akan pasti senang memjawab pertanyaan Anda.

    Salam
1 Komentar untuk "Tutorial Membuat Postingan Yang Baik dan Benar di Blogspot"

Silahkan tinggalkan komentar sobat dan dapatkan backlink satu arah langsung ke blog sobat dengan widget top komentator yang saya pasang di sidebar blog ini. Caranya dengan menjadi pemberi komentar terbanyak di blog ini, tapi mohon jangan Nyepam ya..! Komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.

Back To Top